Berwisata di Kota Wisata Batu, Malang - Tour, Hotel dan Home Stay murah di Bromo

Berwisata di Kota Wisata Batu, Malang


Alun alun Batu


Jawa Timur memiliki banyak destinasi menarik untuk berlibur.  Selain Bromo, kamu juga bisa menikmati suasana pegunungan di Kota Wisata Batu. Berada di ketinggian 700 – 2000mdpl, kota pegunungan ini merupakan salah satu bagian dari wilayah Malang Raya/ Wilayah Metropolitan Malang yang meliputi Kota Wisata Batu, kota dan kabupaten Malang.
Saya tertarik untuk menulis tentang kota ini karena sebagian besar customer yang berlibur ke Bromo memulai perjalanan dari Kota Malang dan sebagian besar juga mampir di kota apel itu sebelum ke Bromo.

Terletak di sebelah barat daya kota Surabaya dan sebelah barat laut Malang, kota yang juga dikenal sebagai kota apel ini memiliki akses transportasi yang bagus, yang memudahkan pengunjung yang berwisata ke kota ini. Kamu bisa menggunakan pesawat terbang dengan akses di Bandara Abdurrahman Saleh Malang. Kamu juga bisa menggunakan kereta api maupun bis ke Malang untuk kemudian lanjut ke kota Batu dengan angkutan umum, transportasi online ataupun dengan sewa kendaraan pribadi.

Memasuki kota Batu, kamu bakalan disuguhi dengan panorama bukit, gunung dan hamparan kebun apel. Sebagai kota penghasil buah apel, tidak heran jika kota ini dikenal juga sebagai kota apel dan bahkan menggunakan buah apel sebagai maskotnya.
Sebagai salah satu kota favorit untuk berlibur, kota ini memiliki fasilitas akomodasi yang bervariasi mulai dari hotel berbintang hingga hotel budget,  resort mewah, villa untuk keluarga dan homestay dengan fasilitas nyaman dan harga lebih ramah budget.  Tidak ketinggalan juga restaurant dan tempat makan legendaris sebagai alternatif wisata kuliner.
Kota ini sendiri memang tepat untuk berlibur karena memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata ngehits yang ada di kota Batu Malang:

1.    Coban Rondo
Adalah satu diantara banyak air terjun yang ada di kota ini. Kata Coban sendiri berarti air terjun, sehingga setiap air terjun diawali dengan kata Coban.  Coban Rondo ini berlokasi di kawasan Pujon. Merupakan salah satu air terjun yang indah dengan udara yang sejuk. Namun begitu, tempat wisata ini cocok untuk keluarga karena lokasinya tidak terlalu jauh dari pintu masuk dan aksesnya pun bagus. Selain air terjun, ada juga Taman Labirin, sebuah labirin buatan dengan konsep dinding hijau setinggi 2 M.
Selain Coban Rondo, ada juga Coban Talun dan Coban Rais yang juga menawarkan keindahan alam dan air terjun yang menawan.

2.    Jatim Park 1
Merupakan taman hiburan pertama di Kota batu yang memadukan wahana edukasi dan rekreasi. Berlokasi di Sisir, Kecamatan Batu, Jatim Park 1 ini memiliki banyak wahana permainan yang cocok untuk keluarga seperti Superman Coaster, Sky ride, waterboom, volcano coaster, flying tornado dan masih banyak lagi lainnya. Pastikan ajak anak anak berwisata di sini karena mereka bakalan punya aktifitas bermain sekaligus belajar.

3.    Jatim Park 2
Lebih dikenal sebagai Batu Secret Zoo adalah tempat wisata dan kebun binatang modern dengan koleksi binatang dan habitat dari Asia dan Afrika. Batu Secret Zoo merupakan salah satu bagian dari Jatim Park 2 selain Pohon Inn dan Museum Satwa yang berisikan replika satwa purba, fosil hewan purba dan satwa yang diawetkan.

4.    Jatim Park 3
Merupakan tempat wisata terbaru dan paling ngehits saat ini. Taman bermain terbaru dan terngehits milik Jatim Park Group ini menghadirkan petualangan kembali ke jaman prasejarah, bertemu dan berfoto di replika Dinosaurus dan hewan hewan purbakala di Dino Park. Ada juga wahana Jelajah 5 Zaman dengan  kereta yang akan membawamu menjelajahi dan menyaksikan perkembangan kehidupan Dinsaurus. Kunjungi juga Museum Dino dimana anak anak bisa melihat replika dinosaurus beserta info tentang riwayat singkatnya.

5.    Museum Angkut
Merupakan museum transportasi ratusan koleksi jenis angkutan tradisional dan modern. Berada di kawasan lereng Gunung Panderman, sekitar 20 km dari kota Malang, tempat wisata modern ini memiliki zona yang disetting sesuai dengan bangunan dari daerah tersebut lengkap dengan alat transportasi dari daerah itu. Selain untuk wisata edukasi, Museum Angkut juga merupakan salah satu tempat yang tepat untuk yang hobi fotografi dengan banyak spot foto yang indah.

Selain tempat wisata tersebut di atas, masih banyak lagi obyek wisata ngehits lainnya di Kota apel ini yang tidak bisa dieksplore dalam 1 hari saja. Oleh sebab itu, akan lebih puas jika kamu menghabiskan waktu beberapa hari di kota yang sejuk ini. Tidak perlu khawatir dengan akomodasi karena di kota ini terdapat banyak pilihan hotel dan villa dengan berbagai budget, mulai dari resort mewah sampai dengan homestay yang lebih murah. Tidak hanya itu, menginap di homestay atau villa memberi kamu ruang lebih banyak untuk berkumpul bersama keluarga. Di ruang tamu, di sofa depan TV, di teras, bahkan saat memasak bareng di dapur.  Ada juga pilihan villa dengan kolam renang dan jacuzzi, sehingga kamu bisa berenang dengan lebih nyaman dan tidak bercampur dengan orang lain selain keluarga.

Villa di Batu dengan private pool and jacuzzi


Untuk alternatif pilihan homestay/villa di Batu akan di post di postingan berikutnya ya..
Terimakasih telah berkunjung di blog #AyokeBromo Dan Anda telah membaca Berwisata di Kota Wisata Batu, Malang. Jika anda akan merencanakan berlibur ke wisata Gunung Bromo dan mencari sewa penginapan sejenis Homestay, Hotel atau Villa. Anda bisa meminta saran informasi melalui link berikut Contact Us atau melalui Whatsapp berikut