Tempat wisata di dekat Gunung Bromo

Buat Anda yang berencana berlibur di Gunung Bromo, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui obyek wisata lain yang ada di Kabupaten Probolinggo, khususnya di dekat Bromo.

Jika kebetulan Anda masih punya cukup waktu sebelum atau setelah dari Bromo dan Anda tidak sedang mengejar jadwal pesawat  atau kereta api untuk kembali ke kota asal, maka mungkin informasi berikut ini bisa menjadi alternatif tempat wisata yang bisa dikunjungi selama berada di Kota anggur dan mangga, Probolinggo.

Air Terjun Madakaripura




Berada di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, air terjun yang  juga merupakan air terjun tertinggi di Pulau jawa ini selain menawarkan keindahan alamnya juga memiliki nilai sejarah yang kuat sebagai tempat pertapaan Gajah Mada, sang mahapatih dari kerajaan Majapahit.

Bagi Anda yang ke Bromo lewat jalur Tongas, Anda akan mudah menemukan petunjuk arah menuju ke air terjun Madakaripura. Selain karena indah, obyek wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini juga terletak tidak jauh dari Bromo.

Agar wisata Anda menyenangkan, berikut ini beberapa tips untuk berwisata di air terjun Madakaripura.




1. Transportasi:
Belum ada transportasi yang memadai untuk menuju ke kawasan air terjun ini selain ojek. Alternatif terbaik untuk menuju ke kawasan ini bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi adalah dengan menyewa kendaraan. Jika Anda menyewa dari Surabaya atau Malang, biasanya hanya menambah uang BBM untuk bisa menuju ke air terjun ini.

Jika Anda ingin berkunjung ke sini setelah berwisata di Bromo, Anda bisa menyewa jeep Bromo dilanjut dengan wisata ke air terjun ini. Tentu saja akan ada biaya tambahan, namun faktor kenyamanan tetap adalah hal yang utama bukan?.

2. Lain lain:
Jangan dibayangkan jika air terjun Madakaripura sama dengan air terjun yang lain karena selain air terjun utama, Anda juga akan menikmati cantiknya air terjun kecil yang jatuh dari ceruk bukit yang mengelilinginya. Jadi, siapkan diri Anda untuk berbasah basahan jika ingin berwisata di sini. 

Alternatif lain, akan ada banyak penduduk lokal yang menyewakan jas hujan untuk melindungi badan dan pakaian anda dari air.

Guide:
Mengingat jalur menuju air terjun utama adalah trekking melewati sungai dengan bebatuan yang licin, akan sangat disarankan jika Anda memakasi jasa guide lokal yang akan memandu Anda untuk sampai ke air terjun utama.

Selain memiliki pengalaman untuk memandu dan mendampingi, guide lokal ini juga dilatih untuk mencegah adanya gangguan dari makhluk gaib penunggu kawasan tersebut (info dari teman guide saya sih gitu). Tapi yang pasti dengan adanya guide ini, Anda tentu lebih aman karena guide yang juga penduduk lokal ini tentu lebih tahu jalur yang aman untuk dilewati selama trekking. Tarif sewa guide ini diseragamkan yaitu sekitar 100.000/ guide.

Trekking di sini membutuhkan tenaga extra, jadi siapkan diri Anda dengan persiapan yang cukup seperti sandal gunung dan pakaian yang nyaman. Capek memang, namun semuanya akan terbayar saat Anda menyaksikan panorama alam yang tiada duanya di sini.
Waktu berkunjung:

Sangat disarankan untuk berkunjung ke kawasan ini pada pagi hari saat suasana masih cerah dan dikarenakan sering tiba tiba hujan di siang hari.
Dan akhirnya...

selamat menikmati eloknya panorama air terjun Madakaripura.




Share :

Facebook Twitter Google+