Rafting di Sungai Pekalen Probolinggo

Melanjutkan artikel terdahulu tentang destinasi wisata di dekat Gunung Bromo, dan masih tentang keseruan keseruan di wisata air. Buat Anda yang suka adventure, silakan mencoba serunya rafting di Sungai Pekalen.  Selain memiliki sejarah sebagai salah satu tempat yang dikunjungi oleh Prabu Hayam Wuruk dan mahapatih Gajah Mada, Sungai Pekalen di Probolinggo ini juga menjadi salah satu surga buat para rafter karena selain aliran sungainya sepanjang 29 km yang menantang adrenalin, Anda juga bisa menikmati panorama alam berupa deretan gua gua kelelawar dan air terjun yang menawan.

Sungai Pekalen sendiri terletak sekitar 25 km dari kota Probolinggo atau sekitar 3 jam dari malang atau Surabaya. Sungai ini berada di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Tiris, Maron dan Gading. Sungai sepanjang 29 km ini memiliki karakteristik berkelok dan bertebing dengan panorama menawan di sepanjang alirannya dengan sensasi yang mendebarkan saata melewati jeram demi jeram yang membuat ketagihan kembali ke sini.

Sungai Pekalen merupakan sungai permanen yang bisa tetap menjadi tempat rafting saat musim hujan maupun saat musim kemarau. Sungai yang memiliki grade kesulitan II hingga III+ ini dibagi menjadi 2 bagian untuk rafting, yaitu pekalen bawah dan pekalen atas.
Rafting di Sungai Pekalen Probolinggo
Rafting di Sungai Pekalen Probolinggo
Pekalen Atas : Memiliki jarak pengarungan yang lebih panjang, yaitu sekitar 12 km yang bisa ditempuh kurang lebih 3 jam. Bagian ini memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dengan jeram yang lebih banyak serta melewati 10 air terjun yang memberi sensasi tersendiri saat melewatinya.
Pekalen Bawah : memiliki tingkat kesulitan lebih rendah, namun dengan sensasi dan panorama yang tidak kalah menawan dengan rafting di Pekalen atas.

Jadi, jika Anda dan keluarga punya waktu berlibur yang agak panjang, tidak ada salahnya jika menikmati serunya rafting di Pekalen.

Share :

Facebook Twitter Google+