YADNYA KASADA 2013

Kasada atau Yadnya Kasada adalah ritual persembahan yang dilakukan oleh masyarakat Hindu Tengger untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi dengan membawa sesajen serta persembahan yang bertujuan untuk meminta keselamatan dan berkah dari Yang Maha Kuasa. Upacara keagamaan ini dilaksanakan setiap  malam ke 14 Bulan Kasada tiap tahun sekali. Pada tahun 2013 ini Upacara Kasada jatuh pada tanggal 23 -24 Juli 2013 di Gunung Bromo


Selain menambah pesona dari Gunung Bromo yang selama ini dikenal dengan  pesona alamnya, upacara Kasada juga menjadi atraksi menarik untuk dinikmati oleh wisatawan. Tidak heran jika setiap acara ini digelar, kawasan wisata Bromo bakalan tumpah ruah dengan lautan manusia yang ingin menyaksikan acara ini.
Namun sebenarnya kenapa sih ada acara Kasada?
Begini ceritanya...
Jadi waktu itu, Roro Anteng dan Joko Seger yang galau karena telah lama menikah danbelum memiliki anak bersemedi untuk memohon kepada Sang Hyang Widhi agar diberikan keturunan. Setelah bertapa itulah mereka mendapatkan bisikan ghaib bahwa permintaan mereka akan terkabul dengan syarat mereka harus mengorbankan anak terakhir ke kawah Gunung Bromo.
Persyaratan ini disanggupi oleh keduanya hingga mereka pun akhirnya dikaruniai 25 orang anak. Namun, karena rasa sayang kepada semua anak anaknya, Roro Anteng dan Joko Seger tidak melakukan apa yang diminta pada saat bersemedi dulu. Hingga datanglah malapetaka dimana pada saat itu keadaan menjadi gelap gulita dan kawah Bromomengeluarkan api yang kemudian menghilangkan putra terakhir mereka yaitu Kesuma.
SEsaat kemudian terdengar suara ghaib Kesuma ""Saudara-saudaraku yang kucintai, aku telah dikorbankan oleh orangtua kita dan Sang Hyang Widhi menyelamatkan kalian semua. Hiduplah damai dan tenteram, sembahlah Sang Hyang Widhi. Aku ingatkan agar kalian setiap bulan Kasada pada hari ke-14 mengadakan sesaji kepada Sang Hyang Widhi di kawah Gunung Bromo".


Sejak saat itulah masyarakat Tengger terus melaksanakan acara kasada yang diadakan di Pura Luhur Poten, Lautan Pasir dan di kawah Gunung Bromo.



Untuk Anda yang ingin menyaksikan jalannya upacara Kasada tahun 2013, pastikan bahwa Anda telah mempersiapkan semuanya termasuk memesan homestay mulai sekarang. Karena bisa dipastikan Anda akan kesulitan mendapatkan akomodasi menjelang berlangsungnya acara seperti yang terjadi saat ada event Jazz Gunung kemarin.

Sewa Homestay di Bromo untuk menyaksikan Kasada
email:yuni.rozuqi@gmail.com
Fast Response tlp/sms 082330201684.

Share :

Facebook Twitter Google+