Berkenalan dengan keturunan Roro Anteng dan Joko Seger

Suku Tengger adalah suku asli yang mendiami kawasan pegunungan Bromo dan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TN BTS) yang meliputi sebagian wilayah di Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.Konon suku ini merupakan keturunan asli dari Roro Anteng dan Joko Seger. Oleh karena itulah namanya menjadi Tengger yang merupakan akronim dari nama keduanya. Kedua tokoh inilah yang kemudian menjadi cikal bakal dari upacara Kasada, dimana mereka ingkar janji untuk mengorbankan putra terakhir mereka kepada Dewa. Suku Tengger mayoritas adalah penganut agama Hindu Mahayana dengan ajaran yang sedikit berbeda dengan ajaran Hindu Dharma yang ada di Bali.
Suku yang mayoritas memiliki mata pencaharian sebagai petani ini juga menggunakan bahasa Jawa yang sedikit berbeda dengan bahasa Jawa pada umumnya.

Selain Gunung Bromo, suku Tengger juga memiliki beberapa tempat suci lainnya yaitu Pura Luhur Poten yang berdiri dengan megah di tengah lautan pasir Bromo. Ada juga gua Widodaren dengan mata air yang disucikan ada dan digunakan dalam acara Kasada.
Lepas dari semua itu, Pegunungan Bromo sendiri adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa karena memiliki tanah yang subur dan bagus untuk pertanian. Tidak heran jika sebagian besar masyarakat di sini memiliki mata pencaharian sebagai petani. Mereka adalah pekerja keras dan petani yang ulet. Anda mungkin tidak bisa membayangkan bagaimana mereka berada di lereng dengan kemiringan hampir 45 derajat, berada di sana dengan santainya sambil menggarap lahan pertanian. Demikian cintanya mereka pada daerah membuat mereka tidak gentar sedikitpun dengan apapun, bahkan saat terjadi erupsi Bromo tahun 2012 kemarin. Walaupun gagal panen dengan kerugian yang besar, namun mereka tetap beraktifitas seperti biasa. Dan Alhamdulillah, kesabaran mereka berbuah manis. Tanah tempat mereka bercocok tanam menjadi lebih subur dan bahkan mereka juga mendapat berkah lain dari pariwisata yang semakin ramai. Sungguh, Allah itu Maha Besar. 


Selain pekerja keras, masyarakat Tengger juga merupakan masyarakat yang ramah kepada pendatang. Jadi, tunggu apa lagi..segera siapkan liburan Anda disalah satu situs wisata terindah di Jawa Timur ini sekaligus berinteraksi dengan keramahan masyarakat lokalnya dan juga keaneka ragaman kulinernya yang pastinya yummy...

Share :

Facebook Twitter Google+